Senin, 17 Agustus 2015

I J O



Kalau teman-teman nonton film "Kereta Api Terakhir”, di situ ada terowongan bernama Ijo.

Terowongan ini beneran ada dan masih kokoh sampai sekarang. Terowongan ini adanya di dekat stasiun Ijo, Kebumen.

Untuk ke terowongan Ijo, aku bareng bapak, ibu, dan kakakku lewat jalur pantai selatan (jalur Daendels). Kami meluncur dari Kroya ke timur, terus belok kiri ke Rowokele. 

Setelah itu mengikuti jalan itu terus sampai ujung. Stasiun Ijo ada di tikungan terakhir. Terowongan Ijo ada di sebelah timur Stasiun Ijo. Aku ke sana pada hari Minggu tanggal 18 Juli 2015, pas kami mudik ke Cilacap.
 .

Aku dan Terowongan Ijo
Menurut bapak petugas stasiun, Terowongan Ijo panjangnya hampir 600 meter menembus pegunungan kapur. Terowongan Ijo dibangun oleh Staatsspoorwegen (perusahaan kereta api Hindia Belanda) tahun 1885. Yang meresmikan adalah Gubernur Jenderal Otto Van Rees.
 
Terowongan Ijo nantinya akan "pensiun" dan dijadikan cagar budaya. Setelah rel ganda Kroya-Kutoarjo dibangun. 

Agreeardi, SD Negeri Julang Bogor(Ditulis untuk Majalah Bobo, dikirim tanggal 28 Juli 2015)

Aku bersama bapak, ibu, dan kakakku
Aku dan Stasiun Ijo



-----------------------------------------------------------------

Bisa dilihat di sini: 
http://bobo.kidnesia.com/Bobo/B-Young-Journalist/Pengalamanku/Terowongan-Ijo